Sunday, September 11, 2011

Black Eyed Peas


The Black Eyed Peas merupakan grup hip hop Amerika yang dibentuk di Los Angeles California, pada tahun 1995. Grup ini terdiri dari rapper will.i.am, apl.de.ap, dan Taboo, serta penyanyi Fergie. Sejak album ketiga mereka, Elephunk, dirilis pada tahun 2003, grup ini diperkirakan telah menjual sekitar 56 juta rekaman di seluruh dunia. 

Black Eyed Peas mencetak hit pertama mereka di seluruh dunia dengan Where is the Love? pada tahun 2003, yang menduduki lebih dari sepuluh puncak tangga lagu di seluruh dunia. Singel lainnya yaitu  Shut Up menjadi hit di Eropa. Album berikutnya, Monkey Business juga meraih kesuksesan di seluruh dunia dengan bersertifikat 4× Platinum di Amrik serta menelurkan dua hit singel, My Humps dan Don't Phunk with My Heart.
Pada tahun 2009, grup ini menjadi salah satu dari 11 artis yang secara bersamaan pernah memegang tempat No.1 dan No.2 di Billboard Hot 100 dengan singel mereka Boom Boom Pow dan I Gotta Feeling dilanjutkan singel berikutnya Meet Me Halfway juga mencapai kesuksesan yang sama, dari album The E.N.D. Tiga singel ini juga menduduki puncak tangga lagu untuk 30 minggu berturut-turut pada tahun 2009. Album ini kemudian menempati nomor satu Billboard Hot 100 untuk ketiga kalinya dengan Imma Be, diikuti dengan Rock That Body yang berhasil memuncak di 10 teratas Hot 100. "I Gotta Feeling" telah menjadi singel pertama yang menjual lebih dari 1 juta download di Inggris
The Black Eyed Peas menduduki peringkat ke-12 pada Artis Tangga Lagu Akhir Dekade Billboard, dan ke-7 di Artis dalam Dekade, Hot 100. Grup ini telah dinominasikan untuk "Artis Internasional Paling Populer" di Penghargaan Musik ARIA.
Pada bulan November 2010, mereka merilis album mereka The Beginning. Singel pertama dari album ini adalah The Time (Dirty Bit). Lagu ini menduduki puncak tangga lagu di banyak negara. Singel kedua album ini adalah Just Can't Get Enough dan dirilis pada bulan Februari 2011. Video musiknya direkam di Jepang satu minggu sebelum gempa bumi dan tsunami Sendai 2011. Lagu ini didedikasikan untuk teman-teman di Jepang. Singel ketiga, Don't Stop the Party dirilis pada Mei 2011. Pada bulan Juli 2011, mereka mengumumkan bahwa mereka akan "mengambil istirahat".
Pada 1988, ketika William Adams (will.i.am) dan Allan Pineda (apl.de.ap) yang duduk di kelas delapan, saling bertemu, mulai bermain rap dan tampil bersama di sekitar Los Angeles. Pasangan ini menandatangani Ruthless Records (dijalankan oleh Eazy-E) pada tahun 1992, menarik perhatian manajer dari Eazy-E, keponakan Jerry Heller. Dante Santiago bergabung dab sering disebut trio Atban Klann (ATBAN: A Tribe Beyond a Nation). Will 1X (alias will.i.am), apl.de.ap, Mookie Mook, DJ Motiv8 (alias Monroe Walker) dan Dante Santiago membentuk Atban Klann. Album debut mereka, Grass Roots, tidak pernah dirilis karena pendiri Ruthless, Eazy-E telah meninggal.
Setelah Eazy-E meninggal pada tahun 1995, Atban Klann diperbarui dan berganti nama menjadi Black Eyed Pods dan kemudian Black Eyed Peas. Dante Santiago diganti dengan Jaime Gomez (Taboo), dan Kim Hill menjadi penyanyi latar belakang. Tidak seperti aksi hip-hop kebanyakan, mereka memilih untuk tampil secara live band dan mengadopsi gaya musik dan pakaian yang jauh berbeda seperti "Gangsta Rap" di LA yang berbasis hip-hop pada saat itu. Setelah menandatangani kontrak dengan Interscope Records dan merilis debut mereka, Behind the Front (1998), grup ini (dan band yang menyertai mereka) mendapat pujian kritis. Salah satu hits singel dari album ini adalah Joints and Jams, yang menjadi salah satu soundtrack film Bulworth. Album kedua mereka adalah Bridging the Gap (2000), yang telah melahirkan hits Request + Line bersama Macy Gray.
Pada tanggal 6 Juni 2010, grup ini menegaskan bahwa mereka bekerja untuk sebuah album baru dalam sebuah wawancara untuk The Big Issue. Album ini digambarkan sebagai sekuel dari The E.N.D. Will.i.am mengumumkan bahwa album baru mereka yang "melambangkan pertumbuhan, awal yang baru dan memulai sebuah perspektif baru yang segar" akan berjudul The Beginning. Album ini dirilis pada 30 November 2010 dan menerima tinjauan yang beragam. Singel pertama album tersebut yaitu The Dirty Bit dan dibeberkan pada tanggal 20 Oktober 2010 melalui akun twitter will.i.am. Video musik ini disutradarai oleh Kaya Lee, yang sebelumnya mengarahkan video untuk "Imma Be Rocking That Body".
Just Can't Get Enough telah dikonfirmasi sebagai singel kedua di BlackEyedPeas.com pada tanggal 11 Januari, bertentangan dengan rumor bahwa "Whenever" dan "The Best One Yet (The Boy)" yang akan menjadi singel berikutnya.
Singel kedua album tersebut, "Just Can't Get Enough" dirilis pada 18 Februari 2011. Video musik dirilis pada 16 Maret 2011 dan difilmkan di Tokyo, satu minggu sebelum gempa dan tsunami. Video ini disutradarai oleh Ben Mor.
Pada tanggal 17 Maret, Black Eyed Peas tampil di acara eliminasi  American Idol menyanyikan "Just Can't Get Enough". Will.i.am memberitahu pada awal lagu bahwa lagu itu didedikasikan untuk "teman-teman di Jepang".

Anggota

  • William Adams - vokal, penulis lagu, komposer, produser (1995-sekarang)
  • Stacy Ferguson - vokal, penulis lagu (2001-sekarang)
  • Jaime Gomez - vokal, penulis lagu (1995-sekarang)
  • Allan Pineda - vokal, penulis lagu, produser (1995-sekarang)

Mantan anggota

  • Kim Hill (1995 - 2000)
  • Dante Santiago (1992 - 1995)
  • Sierra Swan (1998)

Diskografi

  • (1998)Behind the Front
  • (2000) Bridging the Gap
  • (2003) Elephunk
  • (2005) Monkey Business
  • (2009) The E.N.D
  • (2010) The Beginning

Tur

  • Elephunk Tour (2004)
  • Monkey Business Tour (2005–06)
  • Honda Civic Tour (2006)
  • Black Blue & You Tour (2007)
  • The E.N.D. World Tour (2009–10)
  • The Beginning Massive Stadium Tour (2011)

Nominasi dan penghargaan

The Black Eyed Peas telah memenangkan total 80 penghargaan dan telah masuk 116 nominasi. Mereka telah memenangkan 6 Penghargaan Grammy (dengan 16 nominasi). Mereka telah dinominasikan untuk penghargaan lainnya termasuk: Billboard Music Awards, Brit Awards, People's Choice Awards, MTV Video Music Awards Japan, International Dance Music Awards, Billboard Awards, dan ARIA Awards.


No comments:

Post a Comment