Friday, August 5, 2011

Chris Cornell


Chris Cornell yang lahir tanggal 20 Juli 1964 dengan nama asli Christopher John Boyle, dia adalah seorang musisi yang terkenal sebagai penyanyi, pemain gitar, dan pencipta lagu dari band Soundgarden (1984-1997) dan Audioslave (2001-2007). Ia juga telah menerbitkan dua album solo, Euphoria Morning (1999) dan Carry On (2007). Selain itu ia juga menyanyikan lagu You Know My Name untuk soundtrack film Casino Royale.

Cornell mendirikan Soundgarden bersama Kim Thayil dan Hiro Yamamoto. Ia mulanya selain menyanyi juga memainkan drums. Karena ingin berkonsentrasi pada vokal, mereka merekrut drummer Scott Sundquist. Setelah itu Sundquist digantikan oleh Matt Cameron, mantan drummer Skin Yard. Setelah menerbitkan album terakhir mereka Down on the Upside, mereka bubar pada 9 April 1997.
Pada 1998 Cornell mulai menulis lagu untuk album solonya, Euphoria Morning, diterbitkan pada 21 September 1999. Walaupun dinominasikan untuk "Best Male Rock Vocal Performance" pada Grammy Awards 2000 dengan single "Can't Change Me", album ini tidak terjual laris. Cornell kemudian mulai mengerjakan album solo keduanya. Pada saat yang bersamaan, Rage Against the Machine sedang mencari penyanyi baru setelah Zack de la Rocha meninggalkan mereka. Produser Rick Rubin menyarankan Cornell, dan memainkan lagu Slaves & Bulldozers untuk mereka. Cornell menunda proyek album solonya yang kedua untuk mendirikan Audioslave bersama Tom Morello, Tim Commerford, dan Brad Wilk.
Setelah menerbitkan 3 album, Cornell resmi menyatakan diri keluar dari Audioslave, dan mereka membubarkan diri. Cornell kemudian mengerjakan album solonya kembali. Ia menjadi orang laki-laki dari AS pertama yang menyanyikan lagu tema untuk film James Bond dengan "You Know My Name". Lagu ini juga dimasukkan ke albumnya Carry On dengan produser Steve Lillywhite.

No comments:

Post a Comment